Sunday, September 04, 2005
Pengajian September '05 di New Castle Beach

Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini pengajian Assyifa lebih istimewa dibanding bulan-bulan sebelumnya. Pengajian bulan ini diadakan outdoor di New Castle Beach Park, bersuasanakan santai dan kekeluargaan ala Assyifa. Pengajian terakhir di musim Summer 2005 dan bulan depan Insya Allah kita semua memasuki bulan suci Ramadhan 1426 H.







Acara dimulai pukul 2.00pm namun persiapan sudah dimulai sebelumnya. Para bapak sibuk mendirikan tenda-tenda untuk tempat berteduh saat mendengar ceramah. Sementara para ibu sibuk menyiapkan makan siang.

Makanan seperti biasa potluck dari para ibu, terlihat sudah tersedia Soto Daging Sapi, Salad, Semur Daging, Mie goreng, Stir Fry Tofu Veggie Teriyaki Sauce, Bakwan Udang. Bagian Kue-kue tak kalah menariknya, ada Kue Cucur Badak ala Malay, aneka kue bolu, martabak asin dan cup cakes. Alhamdulillah cuaca pun bersahabat sehingga acara bisa berlangsung sesuai dengan rencana.

Tema pengajian kali ini mengambil tafsiran Surah Al Ma'uun.
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
1. Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?
2. Itulah orang yang menghardik anak yatim
3. dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin
4. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang salat
5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya,
6. orang-orang yang berbuat riya
7. dan enggan (menolong dengan) barang berguna

Kesimpulan atau dua syarat pokok yang bisa diambil dari surah ini:
1. keikhlasan melakukan sesuatu karena Allah semata
2. merasakan kebutuhan orang-orang lemah dan kesediaan mengulurkan kepada mereka walaupun kecil.

Ceramah dari Ustdz Joban dilanjutkan dengan tanya jawab interaktif dari para anggota. Pertanyaan pada dasarnya meminta kejelasan mengenai konsumsi makanan/daging halal; orang-orang yang masuk syurga dan neraka; perselisihan dan perbedaan antara kaum Muslim dan Yahudi.

Tanya jawab berakhir hingga pukul 6.00 sore dan dilanjutkan dengan shollat Asr berjamaah. Suasana selepas itu masih ramai dengan senda gurau sesama ibu-ibu dan bapak-bapaknya. Tak lupa semua itu diabadikan termasuk anak-anaknya yang dengan semangat masih bermain-main di pantai kecil ini.

Akhir kata, selamat jalan juga untuk Ustdz. Joban semoga ibadah Umrohnya berjalan lancar dan kembali berkumpul dengan keluarga serta kita semua. Selamat jalan juga untuk Pak Irsal dan Mba Betty sekeluarga, semoga sukses di tempat barunya.






Insya Allah kita bertemu lagi bulan depan, di bulan Ramadhan...

Wassalamualaikum Wr.Wb
Sr. Linda

PS: Double click for larger image ^-^


Photobucket - Video and Image Hosting



 
   
 
Pengajian Assyifa December 19, 2001
Daisypath Ticker