Saturday, September 01, 2007
Resep: Dendeng or Indonesian Beef Jerky

Pengantar:
Siapa yang tak kenal dendeng sapi goreng. Kali ini Sr. Lis menyumbangkan salah satu resep handalnya untuk dapat dinikmati oleh segenap keluarga besar Assyifa.
Untuk kami yang merantau dari Indonesia, dendeng halal susah didapat dan dilarang masuk ke Amerika. Tak ada jalan lain selain membuat sendiri dan tidaklah sulit bila resep diikuti dengan benar.
Metoda pembuatan dendeng di Amerika bisa menggunakan food dehydrator atau dengan oven. Hasil dan rasanya tetap sama.
Untuk photo-photo step by step silakan klik disini.

DENDENG SAPI

Bahan-bahan:
1. Daging sapi 1 kg
2. Garam 1.5 sdm
3. Gula pasir 4 sdm
4. Gula jawa 1 gandu
5. Asam jawa 1 sdm
6. Bawang merah yang sudah dihaluskan 5 sdm
7. Bawang putih yang sudah di haluskan 2,5 sdm
8. Ketumbar yang sudah dihaluskan 5 sdm
9. Laos dihaluskan 2,5 sdm

Caranya:
1. Iris daging sapi, sebaiknya memakai daging sapi bagian yang empuknya (tenderloin), tapi kalau tidak tersedia, bisa diganti dengan bagian daging yang lain, tetapi sebaiknya sesudah daging diiris tipis kemudian dipukul pukul dulu agar serat serat daging terbuka, membuat daging menjadi lebih empuk, bisa juga ditambahkan pengempuk daging, atau memakai daun pepaya.

2. Campurkan semua bumbu, sesudah tercampur rata, masukkan daging, campurkan lagi sampai bumbu merata di semua permukaan daging. Simpan di lemari pendingin semalaman, agar bumbu meresap.

3. Susun daging dalam mesin dehidrator, biasanya dendeng akan kering dalam semalam, kalau tidak tersedia alat ini masih ada alternatif lain.

4. Untuk yang tidak memiliki dehidrator, kita bisa menggunakan oven. Panaskan oven dengan suhu 170 der F, susun daging di atas loyang, dendeng siap dikeringkan lamanya sekitar 6 jam, kalau belum kering tambahkan waktu pengeringannya.

5. Kalau oven tidak tersedia kita bisa juga gunakan dengan cara tradisional yaitu dijemur, tapi harus berhati hati saat menjemurnya, karena kemungkinan lalat akan bertelur di atas dendeng, sebaiknya ditutup dengan menggunakan kelambu.

Saran menggoreng dendeng:
Siapkan mangkuk berisi air, bubuhkan sedikit garam atau gula ( banyaknya tergantung selera, apakah dendeng mau lebih manis atau lebih asin) lalu celupkan sebentar ke dalam mangkuk, dendeng siap digoreng.

Saran lain:
Daging bisa diganti dengan ikan, maka jadilah dendeng ikan.

Labels:


Photobucket - Video and Image Hosting



 
   
 
Pengajian Assyifa December 19, 2001
Daisypath Ticker