Thursday, November 10, 2005
Idul Fitri 1426 H di Lacey, Olympia


Allahu akbar...
Allahu akbar...
Allahu akbar...
Walillahi al-hamd...


Alunan takbir Lebaran baik dari kaset, CD atau pun komputer... maklumlah di negeri orang, jauh dari kumandang takbir ataupun azan mesjid. Hari Raya Lebaran yang dinanti telah tiba. Terharu dan teringat akan orangtua, keluarga, teman-teman di tanah air; namun hal ini tidak mematahkan semangat untuk ber Lebaran bersama teman-teman se-iman. Semua orang bersuka cita menyambut hari kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa. Tahun ini shollat Eid diadakan di Olympia, Sand Point, dan Bellevue Mosque.







Setelah 3 tahun absen, tahun ini saya berkesempatan untuk mengikuti kembali tradisi perayaan Lebaran di Lacey, Olympia.


Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara ini selalu berlangsung penuh dari pukul 9.00 pagi hingga pukul 5.00 sore.
Pembagian acara untuk tahun ini yaitu:
9:00 am Takbeer
9:15 am Eid Prayer
9:20 am Eid Khutbah
10:00 am Breakfast and announcement
10:30 am Islamic Songs, Drama
11:00 am Presentation
12:30 pm Shalatul Dhuhr
1:00 pm LUNCH
1:30 pm Games and Activities(Fishing, Bingo, Ring toss and more)
3:15 pm Asr Prayer
5:10 pm Maghrib Prayer
5:30 pm Clean up

Tahun ini acara berlangsung di Thurston County Fair 3045 Carpenter Road SE Olympia, WA 98503-3998. Gedungnya lumayan besar dan memadai untuk event Lebaran, dan di bagian belakang para Cham brothers sudah bersiap-siap dengan BBQ grill yang berskala besar. Sudah dari jauh-jauh hari Ustadz Joban mengundang segenap masyarakat muslim untuk menghadiri Lebaran di Olympia. Panitia penyelenggara dipimpin langsung oleh Ustadz Joban dan dibantu oleh masyarakat Cham. Perkampungan Cham ini terbentuk disekitar tahun-tahun 80-an. Sejak itulah Ustadz Joban berdomisili dan menjadi Imam di Lacey, Olympia serta mendirikan mesjidnya yang bernama Masjid Al-Nour The Islamic Center of Olympia.









Mengingat acaranya dimulai jam 9.00 pagi, saya dan keluarga Pak Indra berangkat dari Issaquah jam 8.00 pagi. Hari itu hujan sejak malam takbir, sehingga perjalanan memakan waktu 1 jam lebih. Alhamdulillah kami masih sempat mengikuti Shollat Eid di Olympia. Para tamu kebanyakan adalah orang-orang Cham, tapi saya melihat banyak juga orang Pakistan, Somali, American dan teman-teman pengajian Assyifa. Diantara para tamu saya melihat Capt. James Yee beserta keluarganya.







Setelah Shollat Eid, Ustadz Joban melanjutkan siraman rohani dengan materi Idul Fitri dan para tamu menikmati makanan kecil seperti kue-kue dan snack.
Acara Idul Fitri ini lebih diutamakan untuk anak-anak kecil, seperti anak-anak yang mendapatkan hadiah karena menghafal surat-surat dari Al Qur'an dan berbagai permainan. Juga para hadirin menikmati pertunjukkan seperti sandiwara kecil, nyanyian dan acara spontanitas. Beberapa bapak-bapak dari pengajian Assyifa secara spontanitas naik ke panggung untuk menunjukkan kebolehannya manggung. Bravo... sayang cuman 2 menit... jadi diminta untuk ulang lagi... Ustadz Joban-pun tidak ketinggalan untuk naik panggung sambil bernyanyi bersama dua anak kembarnya yang sudah semakin besar dan menggemaskan para ibu-ibu. Sementara itu panitia sibuk membagikan permen dan coklat untuk anak-anak.









Selepas shollat Duhur, kami semua menikmati BBQ Kambing yang merupakan tradisi makan siang dikala Lebaran. Kami makan secara 'lesehan' yang berarti makan beramai-ramai sambil duduk dibawah beralas tikar sehingga menciptakan suasana kekeluargaan.







Tak lama selepas itu, sebagian pengunjung yang datang dari jauh mulai bersiap-siap untuk kembali pulang dan waktu sudah menunjukkan pukul 3.00 sore. Hujanpun masih tak henti-hentinya membasahi bumi Allah ini, bersuka cita menyambut Lebaran dan menumpahkan rizkiNya. Tak lupa kami berfoto bersama untuk kenang-kenangan.... kenangan ber-Lebaran di Lacey Olympia. Sampai berjumpa di tahun depan.





Terima kasih kepada Kel. Indra Gautama yang telah menyumbangkan foto-foto Lebarannya dibagian brothers.


Photobucket - Video and Image Hosting



 
   
 
Pengajian Assyifa December 19, 2001
Daisypath Ticker